Ramdani, Ahmad Taufik (2022) Pengembangan media pembelajaran Game Visual Novel berbasis Website pada mEvolusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran, tingkat hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian dan Pengembangan (Research.and.Development) dengan model tahapan 4-D yang kemudian disederhanakan menjadi model 3-D (Define, Design, dan Development). Karakteristik media pembelajaran game visual novel berbasis website dikembangkan menggunakan bantuan software visual novel maker hingga menghasilkan produk media yang sesuai dengan spesifikasi media pembelajaran tersebut. Hasil uji validasi diperoleh sebesar 85,33% dari penilaian validasi ahli materi (sangat layak), penilaian validasi ahli media sebesar 76% (sangat layak), penilaian validasi media dan materi dari guru mata pelajaran biologi sebesar 71,34% (layak), dan penilaian validasi keterbacaan media dari peserta didik sebesar 76,9%. Nilai rata-rata validasi yang didapat dari keempat validator tersebut sebesar 77,39% (sangat layak). Tingkat hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran dapat diketahui dengan dilakukannya pretest dan posttest yang diperoleh hasil berupa nilai perhitungan gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0,56 dan hasil ini termasuk kriteria sedang. Terakhir pada nilai rata-rata respon peserta didik yang diperoleh sebesar 74,24% termasuk kategori positif. Berdasarkan data-data hasil analisis penelitian tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran game visual novel berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Visual Novel, Tingkat Hasil Belajar, Evolusi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran;Game Visual Novel;Tingkat Hasil Belajar; Evolusi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ahmad Taufik |
Date Deposited: | 30 May 2022 04:44 |
Last Modified: | 30 May 2022 04:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51646 |
Actions (login required)
View Item |