Upaya meningkatkan kemandirian anak melalui permainan Play Dough: Penelitian tindakan kelas di kelas B RA Khoerul Huda Purwakarta

Fairuz, Fitrah (2022) Upaya meningkatkan kemandirian anak melalui permainan Play Dough: Penelitian tindakan kelas di kelas B RA Khoerul Huda Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya ketidakmandirian anak kelompok B RA Khoerul Huda Purwakarta dibuktikan dengan presentase hasil rata-rata kemandirian pra siklus/sebelum penelitian didapatkan hasil 50,79% dikategorikan kurang, penyebabnya karena anak merasa bosan dengan proses belajar yang monoton/mewarnai gambar dan guru tidak menggunanakan metode pembelajaran yang bervariasi, solusi dari permasalahan ini peneliti menawarkan metode permainan play dough untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kemandirian anak kelas B RA Khoerul Huda Purwakarta sebelum diterapkan permainan play dough. 2) untuk mengetahui proses pelaksanaan permainan play dough untuk meningkatkan kemandirian anak kelas B Khoerul Huda Purwakarta pada setiap siklus. 3) untuk mengetahui kemandirian anak kelas B RA khoerul huda Purwakarta setelah diterapkan bermain play dough pada seluruh siklus. Menurut Anggraini dalam Haryani (2014: 59) menyatakan bahwa permainan play dough merupakan salah satu alat permainan edukatif yang memiliki nilai fleksibilitas dalam merancang pola-pola yang hendak dibentuk sesuai daya imajinasi anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B RA Khoerul Huda tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah 12 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil Penelitian ini : Dalam penerapan metode permainan play dough terdapat peningkatan setiap siklus, yaitu aktivitas guru siklus I 65,38% (katagori cukup aktif), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai 88,46%(kriteria aktif). 2) Aktivitas anak pada siklus 1 mencapai angka 55,88% (kurang aktif), sedangkan aktivitas anak pada siklus II mencapai angka 76,46% (Aktif) , terdapat peningkatan pada setiap siklus. 3) Kemandirian anak siklus I 62,79% (baik),mengalami peningkatan kemandirian anak pada siklus II mencapai angka 79,94% (sangat baik). Sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak; Permainan Play Dough
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fitrah Fairuz
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:49
Last Modified: 24 Jun 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51960

Actions (login required)

View Item View Item