Nurfitriah, Ila (2022) Tanggapan siswa terhadap kompetensi profesional guru dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PA : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Cianjur tahun ajaran 2021/2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMPN 1 Cianjur yaitu mengenai kompetensi profesional guru PAI dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan tanggapan siswa terhadap kompetensi guru PAI tergolong baik, hal ini terlihat dari kompetensi guru PAI yang mumpuni untuk menjadi guru yang profesional, dan dibuktikan dari motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaranya. Tetapi, sebagian besar prestasi kognitif siswa masih rendah, hal ini dapat dilihat dari sebagian besar prestasi kognitif siswa belum mencapai nilai KKM yaitu dengan nilai KKM 75. Maka menimbulkan tanda tanya besar bagi peneliti. Hal tersebut apakah terdapat adanya hubungan antara kompetensi profesional guru yang dimiliki oleh guru PAI dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengetahui: 1) kompetensi profesional guru berdasarkan tanggapan siswa; 2) prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI; 3) hubungan tanggapan siswa terhadap kompetensi profesional guru dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Cianjur. Penelitian ini bertolak dari pemikiran teoritik, bahwa prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain ialah kompetensi profesional guru PAI. Maka demikian hipotesis yang diajukan ialah semakin baik tanggapan siswa positif terhadap kompetensi profesional guru, maka semakin tinggi juga prestasi kognitif siswa yang diperoleh pada mata pelajaran PAI. Dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan model penelitian ex-postfacto, teknik pengumpulan datanya ialah studi kepustakaan, angket, tes, studi dokumentasi. Dengan analisis data yang menggunakan pendekatan statistik yaitu: analisis parsial, uji normalitas data dan uji korelasi, sampel penelitian 80 siswa kelas VIII SMPN 1 Cianjur. Maka hasil penelitian dapat diketahui (1) tanggapan siswa terhadap kompensi profesional guru (variabel X) berkategori tinggi dengan angka 4,01 yang berada pada rentang (3,15 -4,50); (2) prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI (Variabel Y) termasuk kategori baik dengan angka 75,3 yang berada pada rentang (70-79); (3) hubungan kedua variabel tersebut sebesar 0,19, sedangkan derajat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 3%. Dengan demikian masih ada 97% faktor lain yang mempengaruhi prestasi kognitif belajaran mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Prestasi Kognitif Siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education Education > Miscellany of Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ila Nurfitriah |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:29 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52294 |
Actions (login required)
View Item |