Shidqi, Muhammad Fikri (2022) Tanggapan siswa terhadap kompetensi Pedagogik guru Hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Sukabumi tahun ajaran 2021/2022. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah masalah di SMAN 2 Sukabumi yaitu mengenai kompetensi pedagogik guru PAI dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan kompetensi guru PAI di SMAN 2 Sukabumi sudah tergolong baik, hal ini terlihat dari kompetensi guru PAI yang sudah memumpuni untuk menjadi guru profesional. Dan dibuktikan dengan keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaranya. Namun, Sebagian besar motivasi belajar siswa kurang disebabkan siswa masih suka mengobrol dikelas saat guru menerangkan, keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, serta konsentrasi belajar siswapun tidak bertahan lama saat mengikuti pelajaran PAI. Maka menimbulkan tanda tanya besar bagi peneliti. Hal tersebut apakah adanya hubungan antara kompetensi pedagogik guru yang dimiliki oleh guru PAI dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelian ini ialah agar mengetahui 1) kompetensi pedagogik guru berdasarkan tanggapan siswa, 2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas XI MIPA SMAN 2 Sukabumi. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritik, bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kompetensi pedagogik guru PAI. Maka demikian hipotesis yang diajukan ialah semakin baik tanggapa siswa positif terhadap kompetensi pedagogik guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa saat mengikuti pembelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dengan analisis data yang menggunakan pendekatan statistika yaitu: analisis parsial,uji normalitas data, dan uji korelasi, sampel penelitian 65 siswa kelas XI SMAN 2 Sukabumi. Maka hasil penelitian dapat diketahui (1) tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru variabel (X) berkategori tinggi dengan angka 3,9 yang berada pada rentang (3,51 -4,50); (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI variabel (Y) termasuk kategori tinggi dengan angka 3,7 yang berada pada rentang (3,51-4,50); (3) hubungan kedua variabel tersebut sebesar 0,23, sedangkan derajat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 3%. Dengan demikian masih ada 97% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education Education > Miscellany of Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Fikri Shidqi |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 02:49 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52310 |
Actions (login required)
View Item |