Bimbingan parenting untuk meningkatkan pengendalian emosi orang tua dalam mengasuh anak : Penelitian di Rumah Kita Tim Ambu Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi

Fiqriyah, Zakiatul (2022) Bimbingan parenting untuk meningkatkan pengendalian emosi orang tua dalam mengasuh anak : Penelitian di Rumah Kita Tim Ambu Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Setiap anak berhak mengembangkan dirinya dalam rumah yang aman dan tenang, tidak membuat diri mereka labil secara fisik dan emosional. Orang tua bertanggung jawab dalam menjaga intensitas emosi ketika mengasuh anak, karena emosi yang reaktif kepada anak dapat membentuk konsep yang sama. RKTim Ambu hadir dalam memberikan layanan bimbingan parenting untuk menjaga intensitas pengendalian emosi saat mengasuh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan parenting di RKTim Ambu, proses pelaksanaan bimbingan parenting di RKTim Ambu, serta evaluasi pelaksanaan bimbingan parenting untuk meningkatkan pengendalian emosi orang tua dalam mengasuh anak di RKTim Ambu. Peneliti menggunakan teori Cara Mengasuh Anak ala Orang Denmark (The Danish Way Of Parenting) dari Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissing Sandahl dengan memahami pengasuhan dan cara membesarkan anak yang bahagia dapat meningkatkan pengendalian emosi orang tua. Penelitian ini merupakan kualitatif, dengan pendekatan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Bimbingan Konseling Islam. Hasil penelitian menunjukkan program bimbingan parenting di RKTim Ambu dilandasi oleh visi RKTim yakni "kuat keluarga, kuat finansial". Nilai parenting tersebut terdapat dalam Pakem RKTim yang membahas tentang beres diri. Program ini dikemas dalam bentuk kegiatan webinar yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Meskipun keberjalanannya bersifat tentatif dan dibutuhkan kurikulum serta modul parenting, bimbingan parenting tersebut dapat berjalan efektif serta dapat memberikan dampak perubahan bagi orang tua baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan orang tua dalam mengendalikan emosi ketika mengasuh anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Parenting; Pengendalian Emosi.
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zakiatul Fiqriyah
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:16
Last Modified: 07 Jul 2022 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52623

Actions (login required)

View Item View Item