Implementasi program bank sampah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di Bank Sampah Jempol Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu Kota Bandung

Salsabila, Sahla (2022) Implementasi program bank sampah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di Bank Sampah Jempol Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini menyebabkan penumpukan sampah, yang jika terus dibiarkan akan berdampak terhadap segala aspek dalam kehidupan yaitu aspek ekonomi, kesehatan serta lingkungan. Untuk itu perlu dilakukannya tindakan yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik yaitu dengan dilakukannya pemberdayaan. Pemberdayaan merupakan salah satu instrumen dalam pengembangan masyarakat islam dalam membentuk masyarakat islam yang berkualitas. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui program, Faktor yang menghambat dan mendukung, dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Implementasi program Bank Sampah Jempol. Penelitian ini didasari pada pemikiran Jim Ife, teori ini mengemukakan bahwa pemberdayaan dilakukan untuk memberikan kesempatan, pengetahuan, sumber daya serta keterampilan kepada masyarakat untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, dengan asumsi dasarnya yaitu melalui program Bank Sampah ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Kelurahan Cijawura dalam memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan serta mengasah keterampilan mereka dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di Bank Sampah jempol. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu pengelola serta nasabah Bank sampah jempol. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Program pemberdayaan bank sampah sudah tepat dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya Implementasi program Bank Sampah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu Kota Bandung dilakukan melalui program sosialisasi, pelatihan pengelolaan sampah produktif dan non produktif serta program menabung di Bank Sampah Jempol. Faktor yang mendukung keberhasilan program ini yaitu adanya respon positif serta dukungan dari masyarakat terhadap Bank Sampah Jempol, faktor hambatannya yaitu keterbatasan tempat serta kurang nya SDM (Sumber Daya Manusia) sebagai ketenagakerjaan. Hadirnya Bank Sampah memperbaiki pengelolaan sampah menjadi lebih baik serta mengubah pandangan negatif masyarakat mengenai sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Bank Sampah; Pemberdayaan ekonomi Masyarakat;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Macroeconomics and Related Topics > Macroeconomics Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sahla Salsabila
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:25
Last Modified: 08 Jul 2022 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52759

Actions (login required)

View Item View Item