Naluri, Ratna (2020) Pengembangan modul elektronik berbasis PDEODEE untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik: Penelitian pengembangan di kelas XI MIPA 3 SMA Al-Ma'soem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
Abstract
Kecanggihan teknologi dapat mempengaruhi kemajuan pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis PDEODEE, mengetahui kelayakan dari hasil validasi oleh ahli dan respon peserta didik, serta untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis PDEODEE. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian R&D dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi ahli menunjukan kelayakan sebesar 88% pada penilaian materi dan 92% pada penilaian media dengan interpretasi berada pada kategori layak. Peserta didik merespon positif terhadap modul elektronik berbasis PDEODEE dengan persentase sebesar 78,47% pada aspek kemenarikan, 78,06% pada aspek motivasi dan 78,06% pada aspek bahasa. Penelitian menunjukan bahwa modul elektronik berbasis PDEODEE dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik, terlihat dari skor N-Gain secara keseluruhan sebesar 0,57 dengan interpretasi pada kategori sedang, hal tersebut diperkuat dengan hasil uji hipotesis t_hitung (5,13)>t_tabel (2,04), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah proses pembelajaran pada materi alat-alat optik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul elektronik; strategi PDEODEE; Penguasaan Konsep |
Subjects: | Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ratna Naluri Hermawan |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 07:29 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52868 |
Actions (login required)
View Item |