Pengembangan modul elektronik berbasis PDEODEE untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik: Penelitian pengembangan di kelas XI MIPA 3 SMA Al-Ma'soem

Naluri, Ratna (2020) Pengembangan modul elektronik berbasis PDEODEE untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik: Penelitian pengembangan di kelas XI MIPA 3 SMA Al-Ma'soem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Kecanggihan teknologi dapat mempengaruhi kemajuan pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis PDEODEE, mengetahui kelayakan dari hasil validasi oleh ahli dan respon peserta didik, serta untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis PDEODEE. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian R&D dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi ahli menunjukan kelayakan sebesar 88% pada penilaian materi dan 92% pada penilaian media dengan interpretasi berada pada kategori layak. Peserta didik merespon positif terhadap modul elektronik berbasis PDEODEE dengan persentase sebesar 78,47% pada aspek kemenarikan, 78,06% pada aspek motivasi dan 78,06% pada aspek bahasa. Penelitian menunjukan bahwa modul elektronik berbasis PDEODEE dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik, terlihat dari skor N-Gain secara keseluruhan sebesar 0,57 dengan interpretasi pada kategori sedang, hal tersebut diperkuat dengan hasil uji hipotesis t_hitung (5,13)>t_tabel (2,04), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah proses pembelajaran pada materi alat-alat optik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik; strategi PDEODEE; Penguasaan Konsep
Subjects: Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ratna Naluri Hermawan
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:29
Last Modified: 14 Jul 2022 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52868

Actions (login required)

View Item View Item