Anwari, Muhammad Faisal (2015) Penerapan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan usaha: Penelitian Pre Eksperimen di kelas VIII MTS. Atta’awun Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di MTs. Atta’awun Garut, minat membaca siswa pada buku fisika rendah. Hal tersebut berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hasil belajar kognitif siswa harus ditingkatkan khususnya pada mata pelajaran IPA fisika pada materi energi dan usaha. Untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan metode SQ4R, yaitu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui kegiatan membaca. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode SQ4R dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan usaha setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode SQ4R. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Atta’awun Garut yang berjumlah tiga kelas, sementara sampelnya adalah kelas VIII-A. Penentuan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Data hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan metode SQ4R diperoleh menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan instrumen soal pilihan ganda berjumlah 15 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berkategori baik dengan persentase 81,90%, dan keterlaksanaan aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase 76,69%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan usaha dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,64 yang berkategori sedang. Hasil uji normalitas menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Diperoleh hasil Z_hitung (20,69)>Z_tabel (2,06) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan metode SQ4R pada materi energi dan usaha.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran SQ4R; hasil belajar kognitif; Energi dan usaha. |
Subjects: | Scientists Biography > Person in Physics Biography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 09:01 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 09:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5301 |
Actions (login required)
View Item |