Penerapan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan usaha: Penelitian Pre Eksperimen di kelas VIII MTS. Atta’awun Garut

Anwari, Muhammad Faisal (2015) Penerapan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan usaha: Penelitian Pre Eksperimen di kelas VIII MTS. Atta’awun Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTs. Atta’awun Garut, minat membaca siswa pada buku fisika rendah. Hal tersebut berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hasil belajar kognitif siswa harus ditingkatkan khususnya pada mata pelajaran IPA fisika pada materi energi dan usaha. Untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan metode SQ4R, yaitu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui kegiatan membaca. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode SQ4R dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan usaha setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode SQ4R. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Atta’awun Garut yang berjumlah tiga kelas, sementara sampelnya adalah kelas VIII-A. Penentuan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Data hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan metode SQ4R diperoleh menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan instrumen soal pilihan ganda berjumlah 15 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berkategori baik dengan persentase 81,90%, dan keterlaksanaan aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase 76,69%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan usaha dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,64 yang berkategori sedang. Hasil uji normalitas menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Diperoleh hasil Z_hitung (20,69)>Z_tabel (2,06) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan metode SQ4R pada materi energi dan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran SQ4R; hasil belajar kognitif; Energi dan usaha.
Subjects: Scientists Biography > Person in Physics Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 19 Jan 2018 09:01
Last Modified: 19 Jan 2018 09:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item