Pembelajaran berbasis masalah berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa untuk meningkatkan hasil belajar

Septiani, Ajeng Dwi (2022) Pembelajaran berbasis masalah berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa untuk meningkatkan hasil belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa membentuk pola pikir tingkat tinggi yang disebut HOTS (Higher Order Thinking Skill) menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Keterkaitan antara aspek kognitif, sikap, dan kinerja menjadi faktor meningkatnya hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas mahasiswa dalam proses menyelesaikan lembar kerja mahasiswa pada setiap tahapan PBM, menganalisis peningkatan hasil belajar mahasiswa berdasarkan penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi, penilaian kinerja serta penilaian sikap disipilin, jujur, dan tanggung jawab pada proses PBM berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian keterlaksanaan aktivitas mahasiswa 88,43, nilai rata-rata penilaian kinerja mahasiswa pada penerapan PBM 89,48 dan nilai rata-rata penilaian sikap mahasiswa 97,14. Simpulan yang diperoleh setelah penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan secara signifikan dalam taraf sedang disertai dengan kinerja dan sikap yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PBM; video praktikum; penentuan berat molekul senyawa; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ajeng Dwi Septiani
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:41
Last Modified: 14 Jul 2022 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53216

Actions (login required)

View Item View Item