Septiani, Ajeng Dwi (2022) Pembelajaran berbasis masalah berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa untuk meningkatkan hasil belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa membentuk pola pikir tingkat tinggi yang disebut HOTS (Higher Order Thinking Skill) menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Keterkaitan antara aspek kognitif, sikap, dan kinerja menjadi faktor meningkatnya hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas mahasiswa dalam proses menyelesaikan lembar kerja mahasiswa pada setiap tahapan PBM, menganalisis peningkatan hasil belajar mahasiswa berdasarkan penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi, penilaian kinerja serta penilaian sikap disipilin, jujur, dan tanggung jawab pada proses PBM berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian keterlaksanaan aktivitas mahasiswa 88,43, nilai rata-rata penilaian kinerja mahasiswa pada penerapan PBM 89,48 dan nilai rata-rata penilaian sikap mahasiswa 97,14. Simpulan yang diperoleh setelah penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan video praktikum penentuan berat molekul senyawa, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan secara signifikan dalam taraf sedang disertai dengan kinerja dan sikap yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBM; video praktikum; penentuan berat molekul senyawa; hasil belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ajeng Dwi Septiani |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:41 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53216 |
Actions (login required)
View Item |