Pengaruh minat masyarakat, transparansi dan Platform Digital terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah : Studi di BAZNAS Provinsi Jawa Barat

Suryaman, Maman (2022) Pengaruh minat masyarakat, transparansi dan Platform Digital terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah : Studi di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Zakat, infak dan sedekah merupakan suatu ibadah yang tidak hanya bersifat vertikal atau bentuk ketaatan kepada Allah SWT saja, akan tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang bersifat horizontal atau hubungan sosial kemanusiaan. Realisasi penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah masih jauh jika dibandingkan dengan potensi dana zakat, infak dan sedekah di Jawa Barat. Oleh karena itu Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya dalam mengatasi masalah tersebut. Minat Masyarakat, Transparansi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat dan Platform Digital merupakan faktor-faktor yang menjadi penyebab masyarakat Jawa Barat dalam membayar zakat, infak dan sedekah melalui BAZNAS Provinsi Jawa Barat Penilitian ini bertujuan untuk ntuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh minat masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. 2) pengaruh transparansi pengelolaan pengelolaan lembaga amil zakat terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. 3) pengaruh paltform digital terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. 4) pengaruh minat masyarakat, transparansi pengelolaan lembaga amil zakat dan paltform digital terhadap kewajiban membayar zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Provinsi Jawa Barat Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan analisis validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi uji analisis SPSS for windows versi 26. Data yang digunakan adalah data primer berupa data hasil penyebaran survey online melalui kuesioner yang disebarkan kepada reponden. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Masyarakat terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai thitung > ttabel (9,404 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Transparansi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai thitung > ttabel (9,253 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Platform Digital terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai thitung > ttabel (11,312 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Masyarakat; Transparansi; Platform Digital; Kewajiban Membayar Zakat, Infak dan Sedekah;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shadaqah, Sedekah
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Maman Suryaman
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:37
Last Modified: 19 Jul 2022 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53516

Actions (login required)

View Item View Item