Manajemen strategi Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Majma'ul Anhar desa Cirimekar kecamatan Cibinong kabupaten Bogor

Syahrullah, Muhamad (2022) Manajemen strategi Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Majma'ul Anhar desa Cirimekar kecamatan Cibinong kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Strategi Pondok Pesantren sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan santri dari hal kemampuan, kecakapan, dan keterampilan, sekaligus untuk mengisi kesenjangan yang terjadi antara tuntutan dan tuntunan. Hal ini tentunya pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang merupakan suatu wujud kepekaan dan kepedulian terhadap berbagai pendidikan santri. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana Perumusan manajemen strategi yang dilakukan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri; (2) Bagaimana Implementasi manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri ; (3) Bagaimana Pengevaluasi manajemen strategi yang dilakukan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perumusan, implementasi manajemen strategi yang dilakukan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri dan mengetahui bagaimana proses pengevaluasian manajemen strategi yang dilakukan pondok pesantren bila ada yang kurang baik menjadi lebih baik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan santri. Teori yang digunakan peneliti didasarkan pada teori Fred R. David (2006: 5-6) bahwa manajemen strategi ialah seni dan ilmu untuk mengimplementasi, memformulasi dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai suatu tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan teknik kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh Pondok Pesantren Majma'ul Anhar telah dengan baik menerapkan manajemen strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan santri. Pada tahap perumusan manajemen strategi yaitu berupa kalender akademik, program-program dan jadwal kegiatan serta kurikulum yang ada. Pada tahap implementasinya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan santri dapat dilakukan berdasarkan pada tiga Aspek yaitu: aspek visi-misi, sistem pendidikan, sarana prasarana. Sehingga dari ketiga aspek itulah yang menjadikan perbedaan dan kesamaan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan santri, tahap pengevaluasian manajemen strategi menjadi tolak ukur keberhasilan pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri maka manajemen strategi yang telah diterapkan dalam pembentukan santri terutama pada lima kualitas yakni: akademik, moral, individu, sosial, kultural. Dari masing masing kualitas tersebut pondok pesantren dapat melihat berbagai kualitas pendidikan santrinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; pendidikan; pesantren; santri
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Syahrullah
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:49
Last Modified: 19 Jul 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53542

Actions (login required)

View Item View Item