Hubungan kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Cijagra IV

Giselina, Marisa (2022) Hubungan kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Cijagra IV. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa memiliki keterkaitan yaitu keduanya termasuk pembelajaran bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa serta mendeskripsikan hubungan keduanya pada siswa kelas I di SD Cijagra IV. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 28 siswa. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan membaca permulaan secara lisan dan tes kemampuan menulis permulaan secara tulisan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi bivariate yang dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu tahapan pertama dengan melakukan uji normalitas untuk mengetahui data populasi berdistribusi normal atau tidak, lalu uji korelasi untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak, dan diakhiri dengan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 85,14 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan menulis permulaan siswa yaitu sebesar 85,21 dan termasuk kategori sangat baik. Hubungan antara kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Cijagra IV dalam kategori cukup atau moderat. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman bahwa nilai ρ sebesar 0,51. Dengan signifikan 5% dan jumlah responden 28, maka diperoleh r tabel sebesar 0,374. Dengan demikian, nilai ρ (0,51) > r tabel (0,374). Maka, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa. Hal ini dapat menunjukkan bahwa hubungan antara kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa sebesar 26,01%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan; Kemampuan Menulis Permulaan; Pembelajaran Bahasa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisa Giselina
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:32
Last Modified: 21 Jul 2022 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53666

Actions (login required)

View Item View Item