Giselina, Marisa (2022) Hubungan kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Cijagra IV. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa memiliki keterkaitan yaitu keduanya termasuk pembelajaran bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa serta mendeskripsikan hubungan keduanya pada siswa kelas I di SD Cijagra IV. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 28 siswa. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan membaca permulaan secara lisan dan tes kemampuan menulis permulaan secara tulisan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi bivariate yang dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu tahapan pertama dengan melakukan uji normalitas untuk mengetahui data populasi berdistribusi normal atau tidak, lalu uji korelasi untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak, dan diakhiri dengan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 85,14 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan menulis permulaan siswa yaitu sebesar 85,21 dan termasuk kategori sangat baik. Hubungan antara kemampuan membaca permulaan dengan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Cijagra IV dalam kategori cukup atau moderat. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman bahwa nilai ρ sebesar 0,51. Dengan signifikan 5% dan jumlah responden 28, maka diperoleh r tabel sebesar 0,374. Dengan demikian, nilai ρ (0,51) > r tabel (0,374). Maka, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa. Hal ini dapat menunjukkan bahwa hubungan antara kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan menulis permulaan siswa sebesar 26,01%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan; Kemampuan Menulis Permulaan; Pembelajaran Bahasa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marisa Giselina |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53666 |
Actions (login required)
View Item |