Pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits : Penelitian quasy eksperiment pada kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge Sumedang

Al-Qurroh, Faqih (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits : Penelitian quasy eksperiment pada kelas 8 MTs Persatuan Islam 40 Sarongge Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di kelas yang monoton, dimana pembelajaran terjadi hanya dari satu arah saja, sehingga membuat siswa tidak terlibat aktif dalam belajar, menjelaskan materi, dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari, yang mengakibatkan siswa menjadi kurang percaya diri ketika pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satu tujuan diadakannya proses pembelajaran adalah untuk mendapat hasil belajar yang baik, hasil belajar merupakan pencapaian yang diraih oleh siswa terhadap tujuan yang dicantumkan oleh setiap mata pelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Persatuan Islam 40 Sarongge Sumedang. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan mengharuskan siswa bekerja sama dalam menyelasaikan masalah yang diberikan oleh guru. Selain itu setiap siswa pun akan dituntut untuk memahami materi yang sampaikan, karena guru akan menunjuk salah satu siswa secara acak untuk menjawab masalah yang telah diberikan. Hipotesis dari penelitian ini adalah H_0 tidak ada perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran konvensional, dan H_1 ada perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran konvensional Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen, yang menjadi objek penelitian pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B di MTs Persatuan Islam 40 Sarongge, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T diperoleh T-hitung > T-tabel yaitu 3,11 > 2,03 dengan taraf signifikansi 0,05. Selain itu dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memiliki nilai rata-rata 80,6 jauh lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 63,8. Kemudian berdasarakan perhitungan N-gain skornya adalah 61,62. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpegaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT); Hasil Belajar; PAI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latif Faqih Al-Qurroh
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:06
Last Modified: 28 Jul 2022 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53717

Actions (login required)

View Item View Item