Hubungan kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di MIS Miftahussurur Tegalgubug

Yuliani, Adit (2022) Hubungan kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di MIS Miftahussurur Tegalgubug. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat memudahkan aktivitas siswa juga dalam proses pembelajaran di kelas. Kemudahan tersebut harus seimbang dengan kemampuan literasi digital karena menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa di kelas tinggi, mengetahui hasil belajar siswa di kelas tinggi, dan mendeskripsikan hubungan kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa di kelas tinggi MIS Miftahussurur Tegalgubug. Hipotesis dalam penelitian ialah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa di kelas tinggi MIS Miftahussurur Tegalgubug. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel diambil dari kelas IV–VI yang berjumlah 50 siswa. Adapun instrumen yang digunakan ialah angket dan dokumentasi nilai untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Ulangan Tengah Semester (UTS). Teknik analisis menggunakan teknik korelasi bivariat yang dimulai dari uji normalitas kolmogorov smirnov diperoleh data berdistribusi normal, kemudian uji korelasi product moment, dan menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan literasi digital siswa di kelas tinggi memiliki rata-rata sebesar 72 yang berarti berada kategori yang baik. Sedangkan rata-rata pada hasil belajar siswa diperoleh sebesar 66 yang berarti berada pada kategori tinggi. Hubungan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa di kelas tinggi MIS Miftahussurur Tegalgubug termasuk ke dalam kategori sedang atau cukup. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi product moment bahwa nilai rhitung sebesar 0,440. Nilai signifikansi 5% dan jumlah responden 50 maka diperoleh rtabel sebesar 0,279. Dengan demikian, H1 diterima karena nilai rhitung (0,440) > rtabel (0,279). Artinya, terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa 19,36% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan literasi digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital; Hasil Belajar
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adit Yuliani
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:43
Last Modified: 02 Aug 2022 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54259

Actions (login required)

View Item View Item