Pola pemerolehan informasi dari media massa televisi yang dilakukan oleh penyandang Autisme : Studi deskriptif di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok

Wahyuni, Anastasya Murti Indra (2022) Pola pemerolehan informasi dari media massa televisi yang dilakukan oleh penyandang Autisme : Studi deskriptif di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Adanya perkembangan teknologi mempermudah dalam mendapatkan informasi melalui berbagai sarana yang tersedia, salah satunya yakni media massa televisi yang merupakan media audio visual dengan menampilkan gambar dan juga suara. Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh informasi yang mereka inginkan untuk menambah wawasan dan mengembangkan dirinya, tak terkecuali bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) autisme. SLB BCD Nusantara Berasrama Depok merupakan salah satu sekolah luar biasa yang mewadahi penyandang autisme untuk mendapatkan pembelajaran, dengan memanfaatkan penggunaan media massa televisi dalam berbagai kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian, yakni mengetahui bagaimana media massa televisi dapat diakses oleh penyandang autisme di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok, mengetahui bagaimana pola pemerolehan informasi dari media massa televisi yang dilakukan oleh penyandang autisme di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok sehingga dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mereka, dan mengetahui mengapa media massa televisi dapat menjadi sarana pembelajaran dalam pengembangan diri penyandang autisme di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial sebagai landasan teoritis yang menjelaskan bahwa media massa dapat menjadi guru yang baik dan profesional. Sehingga, penyandang autisme dapat belajar melalui informasi-informasi yang diterimanya dari media massa televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi deskriptif serta teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa media massa televisi diakses oleh penyandang autisme di SLB BCD Nusantara Berasrama Depok dengan adanya pendampingan dari guru atau instruktur yang bertanggung jawab terhadapnya. Pola pemerolehan informasi dilakukan melalui beberapa tahap yakni dimulai dari pemberian tayangan televisi sesuai kebutuhan, selingan interaksi, mempraktikan, hingga pengulangan penyampaian informasi. Media massa televisi sebagai sarana pembelajaran dalam pengembangan diri penyandang autisme dapat memberikan pengaruh positif terhadap aspek kognisi, afeksi, psikomotorik, dan juga keseimbangan antara ego dan superego.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Pemerolehan Informasi; Media Massa Televisi; Penyandang Autisme; SLB BCD Nusantara Berasrama Depok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Gynecology and Obstetric > Autism Pediatrics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anastasya Murti Indra Wahyuni
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:21
Last Modified: 03 Aug 2022 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54262

Actions (login required)

View Item View Item