Susanto, Revi Afriyandi (2022) Implementasi teknik evaluasi pelayanan pendaftaran ibadah Haji dalam meningkatkan kualitas pelayanan satu atap : Studi deskriptif di Kementerian Agama kota Bandung 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
Abstract
Kementerian Agama Kota Bandung merupakan lembaga yang mengurusi terkait pemberangkatan ibadah haji. Seksi Penyelenggara Haji Umroh (SPHU) bertugas untuk mendata pendaftaran haji, pembatalan haji, pengeluaran surat rekomendasi umroh, dan masih banyak lagi. layanan yang diberikan kini mengalami perbaikan yakni dengan adanya layanan satu atap. Layanan satu atap memudahkan calon jemaah untuk melakukan pendaftaran haji melalui SISKOHAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi teknik evaluasi pelayanan pendaftaran ibadah haji dalam meningkatkan kualitas pelayanan satu atap yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kota Bandung. Penulis menggunakan teori evaluasi program dari Daniel Stufflebeam yang di kutip dari buku Wirawan (2016 :136). Teori ini dipilih karena sesuai dengan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam implementasi teknik evaluasi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian adalah paradigma interpretif dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknik evaluasi pelayanan pendaftaran ibadah haji dalam meningkatkan kualitas pelayanan satu atap yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kota Bandung terbagi atas: 1) Implementasi teknik evaluasi input pelayanan pendaftaran ibadah haji alami pembaharuan, calon jemaah melakukan penginputan data cukup menggunakan layanan SISKOHAT di gedung Kementerian Agama Kota Bandung. 2) Implementasi teknik evaluasi proses pelayanan pendaftaran ibadah haji meliputi pembukaan buku tabungan, pemeriksaan berkas, penginputan nomor validasi melalui layanan SISKOHAT, penyerahan lembar setoran BPIH dan SPPH. 3) Implementasi teknik evaluasi hasil pelayanan pendaftaran ibadah haji memberikan beberapa kemudahan bagi calon jemaah yang ingin melakukan pendaftaran haji serta memudahkan karyawan untuk mendaftarkan calon jemaah haji. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik evaluasi pelayanan pendaftaran ibadah haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kota Bandung melalui layanan satu atap telah sesuai dengan teori yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Pendaftaran Ibadah Haji; Pelayanan Satu Atap |
Subjects: | General Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Revi Afriyandi Susanto |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 08:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54288 |
Actions (login required)
View Item |