Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas melalui penerapan model Numbered Heads Together(penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Pangkalan Indihiang Kota Tasikmalaya).

Nurlatifah, Lela (2016) Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas melalui penerapan model Numbered Heads Together(penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Pangkalan Indihiang Kota Tasikmalaya). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia seharusnya menjadi proses yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Namun pada kenyataannya pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Pangkalan pada materi menulis puisi bebas menjadikan siswa bosan, kurangnya respon terhadap guru, juga guru yang jarang menggunakan model pembelajaran sehingga proses pembelajaran berlangsung kurang maksimal. Penelitian yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, melalui penggunaan model Numbered Heads Together menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran model ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berdiskusi dengan kelompoknya dan berbagi informasi dengan kelompok lain secara bersamaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas belajar siswa sebelum menerapkan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2) Penerapan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran Bahasa Indonesia; 3) Aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP, lembar observasi. Adapun tekhnik pengumpul datanya yaitu lembar observasi dan dokumentasi. dan yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Pangkalan dengan jumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Hasil penelitian : (1) pra siklus dilakukan tanpa menggunakan model Numbered Heads Together dan aktivitas belajar siswa 50% sedangkan aktivitas guru 56,3%. (2) siklus I dengan menggunakan model Numbered Heads Together aktivitas belajar siswa 60,72% dan aktivitas guru 65,62%, siklus II untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I, dengan menggunakan model Numbered Heads Together, rata-rata aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru terjadi peningkatan yang signifikan yaitu aktivitas siswa mencapai 82,15% dan aktivitas guru 78,15% (3) Setiap siklus selalu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II hasilnya meningkat dari 63,17% meningkat menjadi 80,15%, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran numbered Heads Together pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Christianity > Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:24
Last Modified: 24 Jan 2018 01:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item