Purnamasari, Intan (2014) Hubungan antara motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku (Penelitian pada siswa kelas IV MI Al-Misbah Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas IV Madrasah Ibtiaiyah Al-Misbah Bandung diperoleh informasi dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat efektif, hal ini terlihat ketika proses belajar mengajar siswa mengikuti pelajaran dengan antusias. Akan tetapi pada kenyataannya hasil belajar mereka hanya 42% dari 30 siswa yang telah mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture dan realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku serta untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh motivasi siswa melalui model pembelajaran picture and picture. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture, maka semakin tinggi hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku. Demikian pula sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture maka semakin rendah pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui tes dan non tes, diajukan kepada 30 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah kelas IV, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas motivasi siswa melalui model pembelajaran picture and picture termasuk kategori sedang (3,30) dan realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku termasuk kategori cukup (66,94). Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,12, yakni termasuk pada kategori tidak ada korelasi. Adapun hasil uji hipotesis diketahui thitung 0,58 < ttabel 2,048, artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi siswa melalui model pembelajaran picture and picture dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku. Derajat pengaruh Variabel X terhadap variabel Y sebesar 1%. Dengan demikian masih ada 99% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan peristiwa di sekitarku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Christianity > Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 01:27 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 01:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5439 |
Actions (login required)
View Item |