Karim, Sekar Fadillah Nurul (2022) Pengaruh komunikasi keluarga dan Celebrity Worship terhadap perilaku pembelian kompulsif pada penggemar Bangtan Sonyeondan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
Abstract
Pembelian kompulsif merupakan perilaku membeli suatu produk yang cenderung sejenis dengan frekuensi tinggi, menimbulkan kesenangan saat proses membeli, namun menyesal setelah membelinya. Fenomena ini juga banyak dijumpai pada remaja penggemar BTS (Bangtan Sonyeondan). Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang akan berdampak negatif baik secara materil maupun psikis, seperti penyesalan mendalam, frustasi, terlilit hutang, konflik interpersonal dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah komunikasi keluarga dan celebrity worship mempengaruhi perilaku pembelian komplusif pada penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional prediktif, sampel diambil secara random sebanyak 285 penggemar BTS yang tergabung dalam grup jual beli merchandise di Line. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity worship mempengaruhi perilaku pembelian komplusif pada remaja penggemar BTS. Pembelian kompulsif pada remaja penggemar BTS tidak dipengaruhi oleh komunikasi keluarga secara parsial, namun ketika bersama-sama dengan celebrity worship, dapat menjadi prediktor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelian kompulsif; komunikasi keluarga; celebrity worship; penggemar BTS; merchandise. |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Sekar Fadillah Nurul Karim |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54457 |
Actions (login required)
View Item |