Nisa, Annisa Khairun (2020) Analisis penerapan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 : Studi wacana kelas pada pembelajaran Fisika di MAN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan, kelebihan, dan kekurangan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 di kelas XII IPA MAN 1 Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA MAN 1 Kota Bandung dengan jumlah 74 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 pada umumnya berjalan dengan efektif, dalam pelaksanaan pembelajaran online yang dilaksanakan sebanyak 11 kali petemuan, guru menerapkan aplikasi Google Classroom sebagai “forum kelas virtual” untuk menyampaikan pengumuman, penugasan, dan penilaian. Penerapan Google Classroom dalam pembelajaran online memiliki kelebihan yaitu memudahkan untuk membuat daftar hadir peserta didik, membagikan materi, memberi tugas dan memberikan nilai pada tugas. Adapun kekurangan Google Classroom dalam pembelajaran online pada mata pelajaran Fisika yaitu sulit dalam menjelaskan materi-materi yang berisi persamaan fisika, sinyal yang buruk, dan terkendala kuota.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom;Proses Penerapan;Kelebihan;Kekurangan. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Annisa Khairun Nisa |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:11 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 01:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54463 |
Actions (login required)
View Item |