Analisis penerapan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 : Studi wacana kelas pada pembelajaran Fisika di MAN 1 Kota Bandung

Nisa, Annisa Khairun (2020) Analisis penerapan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 : Studi wacana kelas pada pembelajaran Fisika di MAN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan, kelebihan, dan kekurangan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 di kelas XII IPA MAN 1 Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA MAN 1 Kota Bandung dengan jumlah 74 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan Google Classroom pada mata pelajaran Fisika masa pandemi Covid-19 pada umumnya berjalan dengan efektif, dalam pelaksanaan pembelajaran online yang dilaksanakan sebanyak 11 kali petemuan, guru menerapkan aplikasi Google Classroom sebagai “forum kelas virtual” untuk menyampaikan pengumuman, penugasan, dan penilaian. Penerapan Google Classroom dalam pembelajaran online memiliki kelebihan yaitu memudahkan untuk membuat daftar hadir peserta didik, membagikan materi, memberi tugas dan memberikan nilai pada tugas. Adapun kekurangan Google Classroom dalam pembelajaran online pada mata pelajaran Fisika yaitu sulit dalam menjelaskan materi-materi yang berisi persamaan fisika, sinyal yang buruk, dan terkendala kuota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom;Proses Penerapan;Kelebihan;Kekurangan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Annisa Khairun Nisa
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:11
Last Modified: 03 Aug 2022 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54463

Actions (login required)

View Item View Item