Pelaksanaan bimbingan akhlak dalam proses pembentukan kepribadian anak usia 6-12 tahun: Studi penelitian deskriptif terhadap anak usia 6-12 tahun di Mesjid Al- Barkah Jl. Jati Kaler RW 07 Kel. Pasir Biru Kec. Cibiru

Rahayu, Wina (2013) Pelaksanaan bimbingan akhlak dalam proses pembentukan kepribadian anak usia 6-12 tahun: Studi penelitian deskriptif terhadap anak usia 6-12 tahun di Mesjid Al- Barkah Jl. Jati Kaler RW 07 Kel. Pasir Biru Kec. Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Bimbingan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya bagi seorang anak. Bimbingan akhlak ialah suatu proses pemberian bantuan secara terus menerus kepada individu yang membutuhkan dalam rangka mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki individu secara optimal, dengan menggunakan berbagai macam media dan teknik bimbingan dalam suasana asuhan yang normative, agar tercapai kemandirian sehingga individu tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya maupun bagi lingkungannya. Ketika orangtua sibuk dengan urusannya sendiri, terlihat adanya kekurangan perhatian mereka terhadap perkembangan kepribadian anak. Sedangkan anak merupakan suatu unit terkecil yang perlu mendapatkan bimbingan dan arahan dari orangtuanya. Dengan demikian, dirasa perlu adanya bimbingan dan pengarahan serta pembekalan ilmu pengetahuan, khususnya pemahaman keagamaan yang akan membentuk anak menjadi pribadi yang bertauhid, sehingga diharapkan anak dapat menjadi pribadi yang memiliki akhlak karimah dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan aturan Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan akhlak yang diterapkan di mesjid Al Barkah. Mengetahui materi, metode dan media yang digunakan,gambaran kepribadian santri dan hasil yang dicapai dari pelaksanaan bimbingan akhlak tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisifasif (partisifasif observation), wawancara semi terstruktur (semi structural interview guidance) terhadap pihak DKM dan dua orang pembimbing serta beberapa santri, serta studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada model penelitian kualitatif Milles dan Hubberman yakni: pengumpulan data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution/verification) Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa dalam pelaksanaannya, kegiatan bimbingan akhlak di mesjid Al Barkah, materi disampaikan oleh lima orang pembimbing, materi yang disampaikan anatara lain: Al-Quran, Ilmu Tajwid, Aqidah Akhlak, Ilmu Fiqih, ilmu Tauhid, Quran dan Hadits, Bahasa Arab, dan sejarah Islam. Adapaun waktu pelaksanaan bimbingan ialah satu jam penuh, pada jam setelah shalat subuh pukul 04.30-06.00 dan setelah maghrib pukul 18.00-20.30. sedangkan metode yang digunakan dalam bimbingan akhlak ini ialah dengan ceramah, Tanya jawab, Hapalan pribadi, Hapalan Kelompok dan praktek ibadah. Dan media yang digunakan dalam kegiatan bimbingan akhlak ialah ruangan madrasah, mesjid, dan semua yang terdapat didalamnya. Adapun hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan bimbingan akhlak ini adalah adanya perubahan pada anak, baik dari sikap atau tingkah lakunya, maupun peningkatan pemahaman keagamaan mereka terutama dalam hal amaliah ibadah, yang tercermin pada kesungguhan dalam melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, hormat terhadap orangtua dan guru, serta sopan santun terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; akhlak;bimbingan akhlak; pendidikan anak;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:46
Last Modified: 01 Aug 2019 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item