Hasanah, Neneng (2022) Persepsi metode pengajaran dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika di masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isii.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Dua tahun pembelajaran daring dilaksanakan selama pandemi covid-19 dirasa kurang efektif karena membuat siswa menjadi pasif dalam berargumen atau menyampaikan aspirasinya, sehingga pembelajaran menjadi menjenuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi metode pengajaran dan motivasi belajar matematika menggunakan daring dan luring dan seberapa besar pengaruh persepsi metode pengajaran terhadap motivasi belajar matematika di SMP Islam Al-Falah menggunakan luring. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 450 siswa dengan sampel 207 siswa. Teknik pengambilan menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji wilcoxon, uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan (p= 0,000) antara persepsi terhadap metode pengajaran pada daring dan luring. Nilai rerata luring 62,18 ± 6,943 > daring 42,79 ± 5,098. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan (p= 0,000) antara motivasi belajar matematika pada daring dan luring. Nilai rerata luring 54,07 ± 7,044 > daring 35,32 ± 6,631. (3) Terdapat besarnya pengaruh persepsi metode pengajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Islam Al-Falah sebesar 63,8%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa; Metode Pengajaran; Media Pembelajaran (Daring & Luring); Motivasi Belajar Matematika. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Neneng Hasanah |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 03:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54674 |
Actions (login required)
View Item |