Rubiansyah, Luky (2022) Strategi Branding I-Radio Bandung “Barometer Musik Indonesia” untuk meningkatkan para pendengar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
Abstract
I-Radio Bandung merupakan salah satu radio terbaik di Bandung, radio yang hanya memutarkan lagu Indonesia menjadi populer dari berbagai aliran, seperti rock, pop, jazz, ska, hip hop, balada hingga alternative. Radio yang memiliki potensi dalam sektor perjalanan dan perkembangan musik Indonesia sedang aktif untuk mempertebal sisi informatifnya dan menyajikan musik-musik Indonesia berkualitas dengan cara melakukan strategi branding dengan tujuan untuk meningkat pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi branding I-Radio Bandung untuk meningkatkan pendengar, yang meliputi empat tahapan yaitu strategi brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Penelitian ini didasarkan konsep yang menjadi landasan pemikiran dalam penelitian ini yaitu Brand Strategy oleh Gelder, Schultz, dan Barnes. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Adapun data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa I-Radio Bandung telah memenuhi empat tahapan strategi branding yang diawali dengan, (1) brand positioning yang dilakukan I Radio Bandung untuk menentukan positioning yang tepat pada industri radio adalah dengan cara menganalisa peluang pasar, memperoleh kredibilitas pendengar, menentukan segmentasi pasar dan keunggulan program siaran pada radio. (2) Brand identity I Radio Bandung untuk menentukan pembentukan nama brand, pembentukan logo brand, pembentukan tagline brand, nilai lebih yang terdapat pada brand. (3) brand personality I-Radio Bandung adalah dengan cara menentukan karakteristik yang dimiliki radio, menentukan konteks untuk mencari sasaran pendengar yang akan disasar agar jasa pelayanan dari I Radio Bandung tepat sasaran, dan membangun komunikasi yang konsisten. (4). brand communication, hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan brand memakai media publikasi, mengadakan event yang dirilis sebagai bentuk promosi, dan menjalin kerjasama dengan brand lain sebagai bentuk promosi serta untuk meningkat pendengarnya. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa I-Radio Bandung barometer musik Indonesia telah melakukan pembentukan strategi branding untuk dapat meningkatkan pendengar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Branding; Brand; I-Radio Bandung |
Subjects: | Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Luky Rubiansyah |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54716 |
Actions (login required)
View Item |