Saleha, Laela Nur (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VI SDIT Matahati Nagreg Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (414kB) |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena di SDIT Matahati Nagreg Kabupaten Bandung, bahwa tanggapan siswa terhadap Penggunaan Metode Gerakan cukup bagus, namun disisi lain masih banyak siswa yang kemampuan menghafalnya kurang. Ada bermacam-macam cara siswa dalam menghafal seperti mereka hanya bisa menghafal AlQur’an dari segi kinestetik, visual, dan audio. Selain itu siswa berbeda daya serap hafalannya. Guru selalu memberikan arahan yang baik kepada siswanya dengan metode gerakan agar bisa memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Ketika siswa telah mempelajari materi hafalan yang sudah disampaikan siswa cenderung lupa saat guru meminta muraja’ah. Hal ini terdapat kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz dengan kemampuan menghafal AlQur’an. Hal ini menarik untuk diteliti dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz di SDIT Matahati Nagreg, 2) Realitas kemampuan menghafal siswa pada pelajaran Tahfidz di kelas VI SDIT Matahati Nagreg, 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz dengan kemampuan mereka menghafal Al-Qur’an di kelas VI SDIT Matahati Nagreg. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh penggunaan metode salah satunya metode gerakan. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz maka semakin tinggi pula kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan; Tahfidz; Al-Qur’an |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Laela NurSaleha |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:08 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54991 |
Available Versions of this Item
-
UNSPECIFIED (deposited UNSPECIFIED)
- Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VI SDIT Matahati Nagreg Bandung. (deposited 12 Aug 2022 07:08) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |