Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VI SDIT Matahati Nagreg Bandung

Saleha, Laela Nur (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VI SDIT Matahati Nagreg Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena di SDIT Matahati Nagreg Kabupaten Bandung, bahwa tanggapan siswa terhadap Penggunaan Metode Gerakan cukup bagus, namun disisi lain masih banyak siswa yang kemampuan menghafalnya kurang. Ada bermacam-macam cara siswa dalam menghafal seperti mereka hanya bisa menghafal AlQur’an dari segi kinestetik, visual, dan audio. Selain itu siswa berbeda daya serap hafalannya. Guru selalu memberikan arahan yang baik kepada siswanya dengan metode gerakan agar bisa memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Ketika siswa telah mempelajari materi hafalan yang sudah disampaikan siswa cenderung lupa saat guru meminta muraja’ah. Hal ini terdapat kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz dengan kemampuan menghafal AlQur’an. Hal ini menarik untuk diteliti dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz di SDIT Matahati Nagreg, 2) Realitas kemampuan menghafal siswa pada pelajaran Tahfidz di kelas VI SDIT Matahati Nagreg, 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz dengan kemampuan mereka menghafal Al-Qur’an di kelas VI SDIT Matahati Nagreg. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh penggunaan metode salah satunya metode gerakan. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz maka semakin tinggi pula kemampuan menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gerakan; Tahfidz; Al-Qur’an
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laela NurSaleha
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:08
Last Modified: 12 Aug 2022 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54991

Available Versions of this Item

  • UNSPECIFIED (deposited UNSPECIFIED)
    • Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerakan pada pelajaran Tahfidz hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VI SDIT Matahati Nagreg Bandung. (deposited 12 Aug 2022 07:08) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item