Adawiyah, Ai Siti Rabiah (2022) Pengaruh model pembelajaran POE berbantu Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan wawancara di salah satu sekolah di Kabupaten Majalengka diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah pada materi sistem pertahanan tubuh. Model POE (Predict-Observe-Explain) merupakan model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang memungkinkan siswa membangun pengetahuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai pengaruh model pembelajaran POE berbantu Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dimana pada penelitian ini satu kelompok diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) berbantu Lectora Inspire dan satu kelompok lagi tidak diberi perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji T diperoleh nilai Thitung = 4,191 > Ttabel = 1,999 pada taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini dikarenakan sintak pada model POE yaitu predict-observe-explain yang berbasis konstruktivisme membantu siswa untuk aktif berpikir selama pembelajaran. Selain itu, penggunaan media Lectora Inspire membuat siswa mudah beradaptasi dan memfasilitasi siswa untuk dapat melihat dan mengamati materi. Berdasarkan hasil tersebut, artinya model pembelajaran POE berbantu Lectora Inspire berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; Lectora Inspire; POE; sistem pertahanan tubuh |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ai Siti Rabiah Adawiyah |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 00:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 00:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55177 |
Actions (login required)
View Item |