Ardi, Ardi (2022) Manajemen pembelajaran berbasis aplikasi Google Suite : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Wabah Covid-19 terjadi di akhir tahun 2019 mengharuskan semua lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi terhadap pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran harus dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh secara online. Manajemen pembelajaran merupakan usaha mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta adanya pengawasan guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda(MIMHa) sudah melaksanakan pembelajaran secara online berbasis Google Suite. Pembelajaran berbasis Google Suite yang selama ini berjalan umumnya telah berjalan tetapi masih meiliki kekurangan. Salahsatu kekurangan tersebut yaitu bahwa proses pembelajaran baru mengimplementasikan proses perencanaan dan pelaksanaan belum diiringi dengan proses pengawasan dan evaluasi yang memadai sehingga belum terlaksananya pembelajaran berbasis Google Suite tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang Manajemen pembelajaran berbasis Google Suite di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung, menganalisis kekuatan dan kelemahan manajemen pembelajaran online berbasis Google Suite serta menganalisis model manajemen penerapan pembelajaran online berbasis Google Suite yang efektif dan efisien. Kerangka berfikir dari penelitian ini merujuk kepada teori Bilfaqih dan Qomarudin, dimana dalam manajemen pembelajaran online dapat dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan focus group discussion (FDG). Sebagai triangulasi sumber dilakukan wawancara mendalam dengan informan lainnya yaitu Kepala Sekolah, Staf khusus IT, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, dan juga guru. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis manajemen penerapan pembelajaran online berbasis Google Suite yaitu; Menggambarkan model manajemen pembelajaran online berbasis Google Suite yang efektif sehingga dapat mengoptimalkan terwujudnya manajemen pembelajaran online, model tersebut tersusun sistematis sejak perancanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan pembelajaran online secara realistis dan produktif dalam mencapai visi dan misi pendidikan perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Berbasis Aplikasi Google Suite |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ardi Ardi |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55414 |
Actions (login required)
View Item |