Pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi : Studi pada PT. Lixil Aluminium Indonesia

Maulana, Zuhri (2022) Pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi : Studi pada PT. Lixil Aluminium Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi, diantaranya adalah kinerja pegawai. Kinerja ini dapat terjaga dengan baik ketika stress kerja pada pegawai diperhatikan pula dengan baik. PT. LIXIL Aluminium Indonesia salah satu perusahaan yang selalu menuntut para pegawai untuk selalu meningkatkan kinerjanya agar profit prusahaan bisa tercapai. Tujuan dari dilaksankanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stress kerja terhadap kinerja pegawai dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi. Selain itu penelitian ini bermagsud apakah dukungan sosial sebagai variabel moderasi memperkuat atau memperlemah pengaruh antara stress kerja terhadap kinerja pegawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah stres kerja sebagai variabel X dikutip dari pendapat (P. Robbin 2015), dukungan sosial sebagai variabel moderasi Z dikutp dari pendapat (House 2015), dan kinerja pegawai sebagai variabel Y dikutip dari pendapat (P. Robbins 2015). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 102 responden. Stress kerja merupakan X kinerja pegawai merupakan Y serta dukungan sosial merupakan Z. Teknik analisis data menggunakan uji valaditas, uji realibilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi dengan pengujian persial menunjukan bahwa X berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Y dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 12,024 > 1,660 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05, dan Z berpengaruh positif signifikan terhadap Y dilihat dari thitung > ttabel 15,619 > 1,660 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05. Dan stres kerja terhadap kinerja pegawai yang dimoderasi oleh dukungan sosial terbukti berpengaruh (memperkuat), hal ini ditunjukan karena, Fhitung > Ftabel yaitu dengan nilai 3,882 > 3,09 (lihat tabel distribusi f) dengan taraf signifikansi 0,025 > 0,05. Interaksi nilai selisih mutlak (ZscoreX.Z terhadap Kinerja pegawai (Y) yaitu sebesar 0,328. Koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan yaitu sebesar 0,775 atau 77,5% yang masuk dalam kriteria pengaruh tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sres Kerja; Kinerja Pegawai; Dukungan Sosial
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Zuhri Maulana
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:23
Last Modified: 01 Sep 2022 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55424

Actions (login required)

View Item View Item