Manajemen pembiayaan pendidikan dalam peningkatan kualitas sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di SDIT Insan Rahayu Kabupaten Bandung

Syaf, Solehudin (2022) Manajemen pembiayaan pendidikan dalam peningkatan kualitas sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di SDIT Insan Rahayu Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab2.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kualitas sumber daya manusia, pendidikan sedangkan pendidik dan tenaga kependidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia lainnya yaitu peserta didik. Adapun Manajemen Pembiayaan Pendidikan adalah segenap kegiatan yang berkenaan dengan perencanaan, penggunaan (pelaksanaan) dan pertanggungjawaban dana pendidikan di lembaga pendidikan atau sekolah. yang erat kaitannya dengan sumber daya itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang telah dilakukan di SDIT Insan Rahayu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SDIT Insan Rahayu menggunakan sistem bottom up (bawah ke atas) yang dilakukan terlebih dulu oleh guru kelas untuk merencanakan program selama setahun ke depan yang kemudian dianalisis oleh Kepala Sekolah dan Yayasan. Adapun pelaksanaan manajemen pembiayaan di SDIT Insan Rahayu melalui accounting atau pencatatan melalui buku kas umum untuk mencatat penerimaan serta pengeluaran. Selanjutnya evaluasi manajemen pembiayaan SDIT Insan Rahayu dilakukan melalui Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dari setiap bidang yang menganggarkan program dan menerima anggaran setiap sebulan sekali. Berikutnya dalam peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di SDIT Insan Rahayu diantaranya melalui pengembangan dan pelatihan yang dilaksanakan per pekan serta kompensasi gaji dan reward atau dapat melalui pemberian bagian manfaat atau keuntungan lainnya bagi tenaga pendidik di luar gaji atau upah tetap, dapat berupa uang atau barang. Misalnya THR, laporan akhir tahun ajaran, pemberian jaminan kesehatan, liburan, cuti dan lain sebagainya serta pengintegraasian yang dilakukan oleh Direktur Pendidikan juga peningkatan mutu melalui kedisiplinan dan pemberhentian jika ada ketidaksesuaian dalam kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan pendidikan; Manajemen keuangan pendidikan
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Solehudin Syaf
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:41
Last Modified: 02 Sep 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55536

Actions (login required)

View Item View Item