Aziz, Reva Abdul (2022) Manajemen kurikulum berorientasi ADLX (Active Deep Learner Experience) dengan pendekatan Terpadu : Studi kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menjamurnya Sekolah Islam Terpadu di tengah masyarakat, namun belum berdampak pada kemajuan pembelajaran yang signifikan. Kemudian, dikenalkannya Active Deep Learner eXperience (ADLX) sebagai suatu pendekatan yang dikenalkan oleh Mohamed Bahgat, founder of SeGa Group, dalam bukunya yang berjudul FIRST FRAMEWORK, 5 Domains, 15 Principles yaitu sebuah pendekatan yang memadukan dua pendekatan belajar yang penting, Active Learning dan Deep Learning yang dikemas dalam sebuah proses pembelajaran yang memberi pengalaman belajar sebagai seorang pembelajar bagi peserta didik serta pendekatan TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, Ukhrowi) dengan unsur INTROFLEX (Individualisasi, Interaksi, Observasi, Refleksi) yang diperkenalkan oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) sebagai organisasi atau wadah yang menaungi sekolah islam terpadu di seluruh Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum yang dilakukan di SDIT Al-Uswah Surabaya dimulai dengan menganalisis kebutuhan terhadap peserta didik, mata pelajaran apa saja yang dibutuhkan guna untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik. Kemudian stakeholder yang bertanggung jawab dalam pembuatan kurikulum menentukan program-program apa saja yang akan direncanakan dalam pembelajaran. Selanjutnya tahap pelaksanaan kurikulum yang dikolaborasikan antara kurikulum Nasional, kurikulum Yayasan dan pendekatan TERPADU agar ketercapaian ADLX dapat dilaksanakan sehingga lebih menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal diantaranya dengan RPP yang dikolaborasikan dengan pendekatan TERPADU. Adapun evaluasi manajemen kurikulum yaitu supervisi yang dilakukan secara rutin dan pendekatan TERPADU yang dilakukan menjadikan aspek penilaian keterampilan mengajar guru menjadi meningkat dan menguasai prinsip serta pendekatan duniawi dan ukhrowi yang menjadi poin terpenting dalam pendekatan TERPADU dapat terlaksana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; ADLX; Pendekatan TERPADU |
Subjects: | Education > Organization of Education General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Reva Abdul Aziz |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:00 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55744 |
Actions (login required)
View Item |