Manajemen kurikulum berorientasi ADLX (Active Deep Learner Experience) dengan pendekatan Terpadu : Studi kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Surabaya

Aziz, Reva Abdul (2022) Manajemen kurikulum berorientasi ADLX (Active Deep Learner Experience) dengan pendekatan Terpadu : Studi kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menjamurnya Sekolah Islam Terpadu di tengah masyarakat, namun belum berdampak pada kemajuan pembelajaran yang signifikan. Kemudian, dikenalkannya Active Deep Learner eXperience (ADLX) sebagai suatu pendekatan yang dikenalkan oleh Mohamed Bahgat, founder of SeGa Group, dalam bukunya yang berjudul FIRST FRAMEWORK, 5 Domains, 15 Principles yaitu sebuah pendekatan yang memadukan dua pendekatan belajar yang penting, Active Learning dan Deep Learning yang dikemas dalam sebuah proses pembelajaran yang memberi pengalaman belajar sebagai seorang pembelajar bagi peserta didik serta pendekatan TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, Ukhrowi) dengan unsur INTROFLEX (Individualisasi, Interaksi, Observasi, Refleksi) yang diperkenalkan oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) sebagai organisasi atau wadah yang menaungi sekolah islam terpadu di seluruh Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum yang dilakukan di SDIT Al-Uswah Surabaya dimulai dengan menganalisis kebutuhan terhadap peserta didik, mata pelajaran apa saja yang dibutuhkan guna untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik. Kemudian stakeholder yang bertanggung jawab dalam pembuatan kurikulum menentukan program-program apa saja yang akan direncanakan dalam pembelajaran. Selanjutnya tahap pelaksanaan kurikulum yang dikolaborasikan antara kurikulum Nasional, kurikulum Yayasan dan pendekatan TERPADU agar ketercapaian ADLX dapat dilaksanakan sehingga lebih menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal diantaranya dengan RPP yang dikolaborasikan dengan pendekatan TERPADU. Adapun evaluasi manajemen kurikulum yaitu supervisi yang dilakukan secara rutin dan pendekatan TERPADU yang dilakukan menjadikan aspek penilaian keterampilan mengajar guru menjadi meningkat dan menguasai prinsip serta pendekatan duniawi dan ukhrowi yang menjadi poin terpenting dalam pendekatan TERPADU dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; ADLX; Pendekatan TERPADU
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reva Abdul Aziz
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:00
Last Modified: 06 Sep 2022 01:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55744

Actions (login required)

View Item View Item