Solihah, Mila (2022) Analisis penerapan etika bisnis islam pada usaha Laatunsa Bakery Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Waddawah Condong Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (775kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
Abstract
Keberpengaruhan etika didalam bisnis diawali dengan adanya keadaan sellers market, artinya kondisi dimana pasar dikuasai oleh penjual yang dimana etik bisnis dalam kondisi tersebut kurang diperhatikan. Maraknya bisnis saat ini melahirkan beberapa peluang. Tak terkecuali pondok pesantren yang memanfaatkannya dengan melahirkan unit usaha bakery sebagai bentuk kemandirian pondok pesantren dalam berwirausaha. kesempatan ini digunakan oleh pondok pesantren Riyadlul Ulum Waddawah dengan mendirikan unit usaha Laatunsa Bakery. Sebagai bisnis milik pondok pesantren tentunya mesti memperhatikan sistem bisnis yang diterapkan terkait implementasi etika bisnisnya serta dampak yang diberikan dari penerapan etika bisnis tersebut pada kemajuan usaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana etika bisnis Islam yang diterapkan oleh Laatunsa Bakery di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Waddawah Condong Kota Tasikmalaya serta dampak dari penerapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan usaha Laatunsa Bakery. Kerangka berpikir pada penelitian ini berisi teori menurut Faisal Badroen tentang prinsip etika bisnis Islam yaitu ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab da kebajikan. Lalu teori perkembangan usaha oleh Karyoto dengan indikator peningkatan modal, pendapatan, volume penjualan serta tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam perolehan data, penulis meninjau secara langsung objek penelitian melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan mengambil simpulan atas hasil penelitian dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan, etika bisnis Islam di Laatunsa Bakery dengan prinsip ketauhidan/kesatuan (unity), kehendak bebas (free will) serta kebajikan (benevolence) telah diterapkan dengan baik. Prinsip keseimbangan (equilibrium) dan tanggung jawab (responsibility). Adapun dampak dari penerapan etika bisnis Islam pada indikator kemajuan usaha yaitu modal menjadi bertambah, volume penjualan yang mengalami peningkatan, pendapatan yang mengalami peningkatan serta tenaga kerja yang terus mengalami pertambahan yang membantu kemajuan kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etika bisnis; etika bisnis islam; kemajuan usaha |
Subjects: | Occupational Ethics > Business Ethics Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mila Solihah |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 04:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55764 |
Actions (login required)
View Item |