Janah, Risa Falihahtul (2021) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman hidupnya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Kecerdasan emosi meliputi kemampuan untuk mengendalikan diri, memiliki daya tahan ketika menghadapi suatu masalah, mampu mengendalikan impuls, memotivasi diri, mampu mengatur suasana hati, kemampuan berempati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasaan Emosi peserta didik, hasil belajar, dan hubungan kecerdasan Emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Dengan jenis penelitan korelasi deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Banyusari pada peserta didik kelas VIII yang berjumlah 38 peserta didik yang diambil dari 5 kelas masing-masing diambil 6- 10 perkelas. Instrumen yang digunakan adalah penyebaran angket skala likert. Data hasil belajar diperoleh melalui hasil ujian semester. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menujukkan (1) tingkat kecerdasan Emosi, dengan nilai rata-rata sebesar 70,0, dengan konversi nilai skala empat menjadi 2,91 (Cukup). (2) hasil belajar peserta didik menunjukan rata-rata nilai 70,0 (baik). (3) analisis korelasi diuji menggunakan uji korelasi pearson dengan df=36 dan α=0,5 menunjukan hasil uji senilai 0,948 yang berada pada rentang 0,80-1,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasaan emosi dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi; Kecerdasaan Emosi; hasil belajar; IPA |
Subjects: | Causation Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Risa Falihahtul Janah |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 01:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55938 |
Actions (login required)
View Item |