Muslih, Allam Naufal Laudzy (2022) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang di pasar tradisional Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
Abstract
Berkembangan ekonomi modern saat ini seringkali menimbulkan adanya persaingan ketat antar pelaku bisnis. Profit adalah tujuan utama mereka dalam berdagang atau berbisnis. Namun, etika dalam berbisnis sering terlupakan. Padahal dengan etika yang benar pelaku bisnis akan bisa mengatasi persaingan sulit sekalipun. Etika bisnis Islam merupakan suatu hal yang harus dijadikan acuan dalam melaksanakan aktivitas bisnis. etika bisnis Islam akan sejalan apabila pelaku bisnis menanamkan nilai-nilai rohani dalam dirinya. Memperkokoh keyakinan terhadap Tuhan dan menghayati agama yang dianutnya. Penelitian ini membahas masalah tentang bagaimana pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang di pasar radisional Ujung Berung kota Bandung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang di pasar tradisional Ujung Berung kota Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah pedagang yang ada dipasar tradisional Ujung Berung kota Bandung. Sampel yang diambil adalah sebanyak 69 responden dengan menggunakan metode non probability sampling, dengan teknik Convenience Sampling. Berdasarkan temuan penelitian yang dirujuk dalam penelitian ini. Yaitu dilakukan oleh Muansar Rusman pada tahun 2019, dengan hasil penelitian bahwa etika bisnis Islam berpengaruh positif terhadap perilaku pedagang. Demikian juga dalam penelitian ini etika bisnis Islam berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Penelitian ini berkesimpulan bahwa etika bisnis Islam secara parsial berpengaruh positif terhadap perilaku pedagang. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, bahwa data tersebut berdistribusi normal, tidak terjadi heterokedasitas serta tidak terjadi autokorelasi. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat signifikan sebesar 0,000 artinya Etika Bisnis Islam secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Pedagang yang ada di pasar Tradisional Ujung Berung Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis; Etika Bisnis Islam; Perilaku Pedagang; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Depositing User: | Allam Naufal Laudziy Muslih |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56027 |
Actions (login required)
View Item |