Terapi hati dengan pendekatan dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani untuk meningkatkan ruhani jamaah: Penelitian di Pondok Pesantren Attamimi Cibatu

Lestari, Titik (2022) Terapi hati dengan pendekatan dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani untuk meningkatkan ruhani jamaah: Penelitian di Pondok Pesantren Attamimi Cibatu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Terapi Hati adalah upaya perawatan, pengobatan dan pemulihan kesehatan bathin (ruhani) yang menjadikan keadaan seseorang menjadi lebih baik lagi. Pengobannya melalui metode ilmu jiwa yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku, penyembuhan yang digunakan adalah berdasarkan metode psikologis. Diantaranya adalah menggunakan terapi dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani. Berdasarkan fenomena yang terjadi pada jamaah, banyak yang mengaku sebelumnya kurang mampu mengendalikan dirinya sendiri, malas untuk beribadah, hati terasa sukar dalam menghadapi masalah, sering bertengkar dalam rumah tangganya dan pergaulan bebas. Dari persoalan tersebut, dapat diketahui bahwa ini merupakan gambaran dari rendahnya nilai ruhani dalam diri jamaah. Maka dari itu, upaya meningkatkan ruhani sangat penting supaya jamaah lebih bisa menata hidupya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui program terapi hati dengan pendekatan dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani untuk meningkatkan ruhani jamaah di Pondok Pesantren Attamimi Cibatu, untuk mengetahui proses pelaksanaannya serta untuk mengetahui hasil pelaksanaan dari kegiatan ini. Penelitian ini menggunakan teori tazkiyatun nafs oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani, menurutnya bahwa kebersihan jiwa atau hati sangat diperlukan bagi manusia, karena kebersihan jiwa atau hati seseorang sangat mempengaruhi terhadap perilaku manusia. Namun tidak hanya diperlukan dalam usaha penyucian jiwa, tetapi juga untuk mengembalikan kesadaran manusia sebagai manusia yang paling tinggi derajatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ritual dzikir ini dapat meningkatkan nilai ruhani, karena memiliki beberapa program seperti pelaksanaan nasehat keagamaan, santunan anak yatim dan program inti yaitu terapi hati. Program ini membuat jamaah menjadi rajin beribadah, rajin sedekah, meraih ketenangan jiwa, peduli sesama, menyadari dosa-dosa yang pernah diperbuat dan berusaha memperbaikinya. Hal ini menunjukkan bahwa jamaah dapat meningkatkan nilai ruhaninya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi Hati; Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani; Ruhani Jamaah;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Titik Lestari
Date Deposited: 12 Sep 2022 00:40
Last Modified: 12 Sep 2022 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56303

Actions (login required)

View Item View Item