Simbol Kecintaan Manusia dalam Puisi Asyhadu An Laa Imroata Illa Anti karya Nizar Qabbani: Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce

Shafra, Asti Kurnia (2022) Simbol Kecintaan Manusia dalam Puisi Asyhadu An Laa Imroata Illa Anti karya Nizar Qabbani: Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau dipilih sebagai objek penelitian menggunakan kajian semiotika, puisi ini bergenre romantis. Banyak dari kalangan yang mengecam puisi-puisi cinta Nizar Qabbani, dikarenakan terlalu vulgar dan dikhawatirkan dapat mengancam nilai-nilai keislaman yang telah mapan. Sehingga dalam banyak negara yang berada di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi melarang beredarnya buku-buku Nizar. Dari hal tersebut penulis tertarik ingin mengupas isi di dalam puisi-puisi cinta karya Nizar abbani khususnya puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja simbol kecintaan dan bagaimana proses semiosis tentang simbol kecintaan yang terdapat dalam puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yang dimana penelitian ini bersifat untuk menggambarkan simbol-simbol kecintaan dalam puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani. Simpulan dari penlitian ini adalah simbol-simbol kecintaan dalam dalam puisi Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani perspektif semiotika Charles Sanders Peirce, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 4 simbol kecintaan. Pada puisi tersebut terdapat 1 data yang merupakan simbol tidak adanya cinta (Non Love) yang mana tidak memilikinya ketiga unsur cinta, yaitu keintiman, gairah dan komitmen. Terdapat 1 data yang merupakan simbol cinta nafsu (Infatuation Love) yaitu jenis cinta yang hanya memiliki komponen gairah tanpa ada komponen keintiman dan komitmen. Terdapat 1 data yang merupakan simbol cinta buta (Fatous Love) jenis cinta yang memiliki gairah dan komitmen tetapi tidak memiliki keintiman. Terdapat 23 data yang merupakan simbol cinta sejati (Consummate Love) yaitu cinta yang tersusun atas komponen keintiman, gairah dan komitmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiosis; Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau; Nizar Qabbani; Simbol Kecintaan;
Subjects: Bahasa Arab
Literature
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Asti Kurnia Shafra
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:14
Last Modified: 12 Sep 2022 07:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56395

Actions (login required)

View Item View Item