Model Dzikir Al Makhsus terhadap kecemasan mahasiswa di masa pandemi : Studi kasus mahasantri ponpes Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya

Kusnadi, Naufal Hilmi (2022) Model Dzikir Al Makhsus terhadap kecemasan mahasiswa di masa pandemi : Studi kasus mahasantri ponpes Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan penyakit baru dengan risiko penyebaran yang tinggi dan menjadi darurat pada kesehatan masyarakat di seluruh penjuru dunia serta memerlukan skala internasional. Selain berdampak pada kesehatan, hal ini mempengaruhi kecemasan setiap orang. Pandemi Covid-19 ini merupakan ujian bagi umat manusia, dimana Allah ingin hamba-Nya untuk senantiasa mengingat Allah. Tarekat hadir sebagai jalan menuju Allah dan ketika manusia sudah memiliki keseimbangan dalam kualitas hidup, maka hatinya akan selalu tentram dan damai dengan selalu mengingat (zikir) kepada Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kecemasan mahasiswa Mahad Aly Tarekat Idrisiyyah sebelum dan sesudah melakukan zikir Makhsus, mengetahui metode zikir makhsus dalam ruang lingkup Tarekat Idrisiyyah, dan mengetahui peran zikir makhsus ini terhadap kecemasan mahasiswa Mahad Aly Tarekat Idrisiyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan mendapatkan makna data secara mendalam, karena makna adalah data sebenarnya. Penulis mendeskripsikan hasil temuan penelitian yang berfokus pada satu masalah kegiatan tarekat dan manfaat mengikutinya, serta melakukan analisis data dengan menggunakan teori motivasi belajar dari para ahli sebagai bahan untuk menganalisis data yang didapatkan dan mendeskripsikan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model zikir makhsus ini menerapkan tiga metode zikir yaitu zikir Jahar, zikir khafi, dan zikir siir. Konsep zikir makhsus pada dasarnya adalah zikir berjamaah, dilakukan secara berjamaah yang dibimbing langsung oleh Mursyid Tarekat Idrisiyyah. Metode yang dilakukan secara berjamaah dan dibimbing langsung oleh Muryid Tarekat Idrisiyyah. Murid dalam posisi duduk melingkar menghadap Muryid dan memejamkan mata. Setelah mengikuti zikir makhsus, kondisi kecemasan para mahasiswa Mahad Aly Tarekat Idrisiyyah memenuhi indikator kecemasan dari ciri-ciri kecemasan fisik, behavioral, dan kognitif. Dan mengalami perubahan setelah mengikuti dzikir makhsus. Melalui zikir makhsus ini dapat memberikan dampak yang dirasakan secara langsung dan tidak langsung serta dibuktikan dengan getaran-getaran hati yang dirasakan pada saat zikir dan perubahan yang dirasakan berdasarkan ciri-ciri yang telah dijelaskan sebelumnya seperti hilangnya rasa cemas, hadirnya rasa tenang secara lahir dan batin, badan menjadi lebih bertenaga, pikiran terasa rileks, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Tarekat Idrisiyyah; Dzikir Makhsus
Subjects: Subconscious and Altered States and Process > The Subconscious
Islam > Rites, Prayer
Islam > Dhikr, Qiblah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Naufal hilmi Kusnadi
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:25
Last Modified: 16 Sep 2022 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56528

Actions (login required)

View Item View Item