Pendekatan ELPSA (Experience, Language, Pictoral, Symbol, And Application) berbantuan Doratoon untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis

Ramadani, Saura (2022) Pendekatan ELPSA (Experience, Language, Pictoral, Symbol, And Application) berbantuan Doratoon untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: peningkatan kemampuan representasi matematis pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ELPSA berbantuan doratoon dan pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas ELPSA berbantuan doratoon lebih tinggi dari kelas konvensional, serta hambatan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan representasi matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik MTs Darul Muta’allimien, sampel yang digunakan yaitu kelas VII A dan VII B dengan masing-masing 31 peserta didik yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan analisis data diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan kategori sedang, (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ELPSA berbantuan doratoon dengan kategori sedang, (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik menggunakan pendekatan ELPSA berbantuan doratoon lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (d) hambatan dan kesulitan dibagi menjadi tiga kategori, kategori tinggi, peserta didik sudah dapat menjawab soal dengan lengkap dan tepat, kategori sedang, peserta didik masih keliru dalam pehitungan, dan kategori rendah, peserta didik masih keliru dalam menafsirkan gambar, membuat sketsa dan membuat model matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Doratoon; Pendekatan ELPSA; Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Saura Ramadani
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:54
Last Modified: 15 Sep 2022 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56635

Actions (login required)

View Item View Item