Oktaviani, Reni Herlina (2022) Strategi penyiaran Radio Elgangga dalam menyajikan berita: Studi deskriptif mengenai program siaran Bang Jamal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
Abstract
Radio Elgangga merupakan media penyiaran swasta lokal yang berada di Kota Bekasi dengan tagline “Radio Orang Bekasi” yang menyuguhkan berbagai program unggulan baik hiburan, berita, talkshow dan edukasi selama 24 jam non- stop. Salah satu program unggulannya bernama Bang Jamal, artinya “Bangun Jangan Malas” merupakan program mengenai berita di pagi hari. Bang Jamal memiliki durasi waktu siaran selama 4 jam dengan beragam segmen dengan isu dan konten yang berbeda setiap jam nya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi penyiaran radio elgangga dalam menyajikan berita dalam program siaran bang jamal. Penelitian ini berfokus pada bagaimana tahapan pada pra-produksi, produksi dan pasca produksi.Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menjabarkan data yang diperoleh secara terperinci melalui hasil wawancara dan observasi. Hal ini berlandaskan dengan Teori Jarum Hipodermik yang mengungkapkan bahwa media memiliki peran penting dalam mempengaruhi khalayaknya. Proses penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi yang dilakukan Radio Elgangga dalam menyajikan berita. Pertama, tahap pra produksi yaitu membuat perencanaan, ide konten, dan koordinasi dengan tim penyiaran. Kedua, tahap produksi proses penyajian berita di Radio Elgangga dikemas dengan sederhana menggunakan gaya Bahasa akrab yang mudah dimengerti oleh pendengar. Proses penyajian berita diambil dari berbagai portal berita yang ada di media online kemudian dikemas sesuai dengan ciri khas penyampaian di Radio Elgangga. Ketiga, pasca produksi, melakukan evaluasi secara keseluruhan dan individu dalam menjalankan tugas untuk mengetahui bagaimana perkembangan program, isu, konten dan isi dari program siaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Penyiaran; Radio; Berita |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Reni Herlina Oktaviani |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 07:37 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56878 |
Actions (login required)
View Item |