Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap etika kehidupan bermasyarakat : Studi di Majelis Taklim Al Makmur Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Rosmayanti, Elsa Yulia (2022) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap etika kehidupan bermasyarakat : Studi di Majelis Taklim Al Makmur Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Pada awalnya, pelaksanaan bimbingan keagamaan dilakukan untuk menambah wawasan keagamaan dan mempererat tali silaturahmi jamaah. Namun, setelah ditinjau lebih jauh bimbingan keagamaan bisa ditujukan untuk membentuk etika masyarakat. Etika dan agama adalah hal yang penting dalam hidup manusia dalam menjalani kehidupannya di masyarakat. Karena meskipun terlahir sendiri, namun sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri dan senantiasa memerlukan orang lain di kehidupannya. Allah juga menyatakan bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan antara pria dan wanita yang kemudian membuat satu keluarga yang nantinya akan berbaur dengan masyarakat lain di lingkungan tempat tinggalnya. Manusia juga membutuhkan interaksi dengan masyarakat lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu, hidup bertetangga dan bermasyarakat tidak bisa lepas dari keseharian manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan yang dilakukan di Majelis Taklim Al-Makmur, 2) Untuk mengetahui etika kehidupan bermasyarakat jemaah Majelis Taklim Al-Makmur sebelum dan sesudah dilakukannya bimbingan keagamaan, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan terhadap etika kehidupan bermasyarakat pada jemaah Majelis Taklim Al-Makmur. Berdasarkan landasan teori yang menyatakan bahwa bimbingan keagamaan dimaksudkan untuk membantu terbimbing agar memiliki religious reference (pegangan keagamaan) dan dengan kesadaran dan kemampuannya bersedia mengamalkan ajaran agamanya pada kehidupan sehari-hari (Arifin, 1979:29). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Teknik Pre-Experimental Design (nondesign) dalam bentuk One Group Pre Test- Post Test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner (Angket) kepada 30 orang responden yang merupakan jemaah majelis taklim Al-Makmur. penyebaran angket dilakukan dua kali, yaitu pretest (sebelum perlakuan) dan posttest (setelah perlakuan). Analisis data hasil penelitian menggunakan IBM SPSS 26 dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan keagamaan di majelis taklim Al-Makmur menekankan pada pemahaman mengenai nilai-nilai dasar agama Islam pada kehidupan sehari-hari. Adapun hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis yang diajukan, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh dari pemberian bimbingan keagamaan terhadap etika kehidupan bermasyarakat. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang lebih kecil (0.000 < 0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Keagamaan; Etika; Kehidupan; Bermasyarakat
Subjects: Education, Research
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elsa Yulia Rosmayanti
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:09
Last Modified: 16 Sep 2022 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56971

Actions (login required)

View Item View Item