Pengaruh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Akhlak mereka sehari-hari: Penelitian di kelas 6 KMI Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bukit Panyandaan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung

Islam, Fikri Fathul (2022) Pengaruh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Akhlak mereka sehari-hari: Penelitian di kelas 6 KMI Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bukit Panyandaan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak hanyalah pembelajaran yang menyampaikan materi dan teori, serta metode penyampaian yang monoton dan membosankan seperti ceramah satu arah yang pada akhirnya membuat siswa merasa tidak dilibatkan dalam pembelajaran. Sedangkan aqidah akhlak adalah nilai-nilai dan juga ideologis yang harusnya menjadi pedoman dan menjadi ruh dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Mengetahui aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak. 2) Mengetahui akhlak siswa kelas 6 KMI sehari-hari. 3) Mengetahui pengaruh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap akhlak mereka sehari-hari di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bukit Panyandaan, Kec. Cimenyan, Kabupatan Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak yang baik dan efektif akan memberikan dampak positif terhadap akhlak mereka sehari-hari. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap akhlak mereka sehari-hari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan pendekatan korelasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bukit Panyandaan, Kab. Bandung dengan melibatkan siswa kelas 6 KMI tahun ajaran 2021-2022 sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Adapun data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas 6 KMI berkategori sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kuisioner sebesar 67.24 yang berada pada interval 63 – 75. 2) Akhlak siswa kelas 6 KMI sehari-hari di pondok pesantren Baitul Hidayah sangat baik dibuktikan dengn nilai rata-rata kuisioner variabel Y (akhlak mereka sehari-hari) sebesar 66.06. maka dapat diketahui bahwa aktivitas pembelajaran baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap akhlak mereka sehari-hari dibuktikan dengan koefisien korelasi 0.781 dengan kontribusi sebesar 61.1% terhadap akhlak mereka sehari-hari dan 38.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Aqidah Akhlak; Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri Fathul Islam
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:53
Last Modified: 16 Sep 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56980

Actions (login required)

View Item View Item