Hubungan regulasi emosi dan kepribadian hardiness mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sabila, Husna (2022) Hubungan regulasi emosi dan kepribadian hardiness mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir sangat identik dengan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, mayoritas mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi mengalami kesulitan hingga merasakan gangguan psikologi seperti stress, frustasi, dan gangguan psikologis lainnya (Afriani & Lestari, 2017). Gangguan psikologis yang dialami mahasiswa sangat dipengaruhi oleh faktor emosi, karena salah satu peran emosi adalah mengaktivasi otak dan emosi positif memberikan efek membangkitkan semangat sedangkan emosi dapat menyebabkan aktivitas otak terganggu, sehingga mahasiswa yang memiliki ketidakstabilan emosi akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dengan baik dan motivasi belajar yang menurun yang menyebabkan mahasiswa mengalami keterlambatan lulus tepat waktu ( 2004 : 115, dalam (T. F. Sari & Purnama, 2018). Berdasarkan kesulitan yang dialami mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi dibutuhkan suatu kemampuan untuk mengelola emosi dan kepribadian yang mampu bertahan meskipun dalam keadaan tertekan. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui apakah regulasi emosi memiliki hubungan dengan kepribadian hardiness pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment kepada 107 mahasiswa mahasiswa tingkat akhir Angkatan 2016 dan 2017. Instrument penelitian ini menggunaan DERS ( difficulties in emotion regulastion scale ) yang diadaptasi oleh Alif Aulia Maspupah (2020) dari Gratz & Roemer (2004) untuk regulasi emosi dan DRS ( dispositional resilience scale) yang telah diadaptasi oleh Isma Dayanti (2017) dari Bartone (2007) untuk kepribadian hardiness. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi korelasi sebesar 0.018 < 0.05 dengan nilai korelasi sebesar 0.226, yang berarti terdapat hubungan antara regulasi emosi dan kepribadian hardiness pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi, Hardiness, Mahasiswa tingkat akhir
Subjects: Comparative Psychology
Comparative Psychology > Comparative Psychology of Sensory Perception, Movement, Emotions, Psychological Drives of Animals
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Husna Sabila
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:56
Last Modified: 16 Sep 2022 05:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57056

Actions (login required)

View Item View Item