Kompetensi tenaga kependidikan madrasah hubungannya dengan keefektifan layanan administrasi: Penelitian di MTsN se-Kota Banjar

Nurhasani, Hilma Listia (2022) Kompetensi tenaga kependidikan madrasah hubungannya dengan keefektifan layanan administrasi: Penelitian di MTsN se-Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada data yang diperoleh dari Balai Diklat Keagamaan Bandung, skor kompetensi tenaga administrasi di Kota Banjar 2021 tergolong pada kategori sedang (51,33%) dan skor kompetensi di Kota Bau Bau tergolong kurang optimal yaitu 45% (cukup). Hal ini mengindikasikan bahwa kompetensi tenaga administrasi di lembaga pendidikan Islam masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi tenaga kependidikan madrasah, keefektifan layanan administrasi, dan hubungan kompetensi tenaga kependidikan dengan keefektifan layanan administrasi di MTsN Se-Kota Banjar. Kompetensi tenaga kependidikan madrasah dalam penelitian ini menggunakan tiga indikator, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi teknis. Sedangkan untuk keefektifan layanan administrasi menggunakan empat indikator, yaitu produktivitas, adaptasi, kepuasan kerja, dan sumber daya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah H1: Terdapat hubungan antara kompetensi tenaga kependidikan madrasah dengan keefektifan layanan administrasi di MTsN Se-Kota Banjar, dan H0: Tidak terdapat hubungan kompetensi tenaga kependidikan madrasah dengan keefektifan layanan administrasi di MTsN Se-Kota Banjar. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, diolah dengan bantuan program SPSS menggunakan teknik analisis data uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi dan uji determinasi. Hasil penelitian menyatakan kompetensi tenaga kependidikan madrasah mempunyai hubungan yang positif terhadap keefektifan layanan administrasi, dengan angka pearson correlation sebesar 0,842 yang mana tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut. Maka, hubungan kedua variabel adalah searah dan memiliki arti semakin tinggi/baik kompetensi tenaga kependidikan madrasah maka semakin tinggi/baik pula keefektifan layanan administrasi. Kemudian koefisien determinasi (R square) yang diperoleh adalah sebesar 0,710 yang artinya kontribusi variabel kompetensi tenaga kependidikan madrasah terhadap keefektifan layanan administrasi adalah sebesar 71,0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; tenaga kependidikan; keefektifan layanan administrasi
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Specific Field of Public Administration > Departments of Education
Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Customs of People > Organization and Management
Office Services > Office Services in Specific Kinds of Enterprises
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hilma Listia Nurhasani
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:29
Last Modified: 20 Sep 2022 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57167

Actions (login required)

View Item View Item