Persepsi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor di radio: Studi deskriptif terhadap program siaran Nightmare Side di Radio Ardan FM Bandung

Sastra, Ryandi (2022) Persepsi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor di radio: Studi deskriptif terhadap program siaran Nightmare Side di Radio Ardan FM Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan media massa saat ini khususnya pada stasiun radio dapat dikatakan cukup tinggi, karena dalam upaya menarik perhatian para pendengar radio. Kini program siaran pada radio tentunya harus benar-benar dibalut dengan sedemikian rupa agar menarik, diikuti sebanyak-banyaknya dan tetap setia didengarkan oleh pendengarnya. Nightmare Side Radio Ardan FM ini adalah sebuah program siaran misteri yang menyuguhkan cerita-cerita seram dan membuat pendengarnya merasa merinding saat mendengarkannya. Siaran program Nightmare side ini tentu menjadi salah satu program unggulan dari Radio Ardan FM, karena selalu ditunggu-tunggu bahkan selalu setia didengar oleh para pendengarnya yang menggemari cerita-cerita mistis. Tujuan dari penelitian ini yaitu, pertama mengetahui proses seleksi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor program siaran Nightmare Side pada radio Ardan FM Bandung, kedua mengetahui hasil interpretasi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor program siaran Nightmare Side pada radio Ardan FM Bandung, ketiga mengetahui reaksi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor program siaran Nightmare Side pada radio Ardan FM Bandung. Penelitian ini menggunakan teori persepsi dari Stephen P. Robbins yang menjelaskan bahwa persepsi merupakan sebuah rangkaian proses yang ditempuh oleh masing-masing individu untuk menyusun dan menafsirkan pesan yang didapatkan oleh panca indera sehingga dapat memberikan makna kepada lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung. Hasil penelitian dari persepsi masyarakat Bandung Timur mengenai konten horor di radio yaitu; pertama, untuk proses seleksi masyarakat Bandung Timur mengenai program siaran Nightmare Side adalah dengan melalui panca indera, lalu pengenalan pola dan kebaruan yang memunculkan perhatian terhadap program tersebut. Kedua, untuk proses interpretasi masyarakat Bandung Timur mengenai program siaran Nightmare Side adalah berupa perasaan yang dirasakan, lalu diterjemahkan dan menghasilkan sebuah pendapat terhadap program siaran tersebut. Ketiga, reaksi masyarakat Bandung Timur mengenai program siaran Nightmare Side adalah munculnya tanggapan dan prilaku masyarakat Bandung Timur terhadap program siaran tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat; Daya Tarik Mistis; Program Radio
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ryandi Sastra
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:50
Last Modified: 22 Sep 2022 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57220

Actions (login required)

View Item View Item