Hanifah, Lulu (2022) Pengaruh model pembelajaran connecting organizing reflecting extending berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis materi ekosistem :Penelitian quasi eksperimental pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Cibitung Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena capaian kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, sehingga guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Solusi yang diberikan salah satunya model pembelajaran tepat yaitu CORE yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental, desain berbentuk Pre Test-Post Test Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal dengan indikator kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Mann Whitney Sig.0,000 < 0,05 hipotesis diterima, keterlaksanaan aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo diperoleh nilai persentase 98% dan 87% dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model CORE berbantu mind mapping mindomo diperoleh nilai N-gain 0,69 kategori sedang, respon siswa terhadap pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo materi ekosistem kategori kuat persentase 78%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CORE; Mind Mapping Mindomo; kemampuan berpikir kritis; Ekosistem |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lulu Hanifah |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 01:41 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57314 |
Actions (login required)
View Item |