Rancang bangun pengendali kecepatan motor BLDC berbasis Digital Signal Processor TMS320F28027F

Faturrohman, Rifal (2022) Rancang bangun pengendali kecepatan motor BLDC berbasis Digital Signal Processor TMS320F28027F. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Motor Brushless Direct Current (BLDC) merupakan perkembangan dari motor DC yang menggunakan sumber tegangan tiga fasa. Motor BLDC memiliki keunggulan yaitu efisiensi yang tinggi, karakteristik kecepatan dan torsi yang baik, kebisingannya rendah saat dioperasikan dan memiliki umur pengoperasian yang panjang. Motor BLDC memerlukan sistem kendali yang dapat meningkatkan respon kecepatan yang stabil dan responsif untuk memaksimalkan keunggulan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai pengendalian kecepatan dengan kendali Proportional Integral (PI) dan metode Field Oriented Control (FOC) yang berbasis Digital Signal Processor (DSP). Penelitian ini terlebih dahulu melakukan simulasi kendali PI untuk melihat hasil pengendalian sebelum diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil simulasi memperoleh nilai Kp sebesar 0,01165 dan Ki sebesar 0,10699. Penelitian ini juga menerapkan metode FOC menggunakan library InstaSPIN-FOC Texas Instruments dan implementasi menggunakan DSP TMS320F28027F. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan respon yang baik dengan nilai overshoot dan error steady state yang kecil, sehingga menghasilkan keluaran dengan ripple yang rendah dan respon yang cepat. Sistem kendali yang dirancang mampu melakukan tracking kecepatan pada setpoint 500 RPM, 700 RPM dan 900 RPM. Pengujian kecepatan motor BLDC menghasilkan nilai settling time secara berurutan 0,30 s, 0,18 s dan 0,14 s, nilai overshoot sebesar 0,2%, 1,14% dan 0,22% dan nilai error steady state sebesar 1%, 0% dan 0,22%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motor BLDC; Field Oriented Control; Kendali PI; DSP TMS320F28027F
Subjects: Electricity > Theories of Electricity
Applied Physics > Electric and Related Motors
Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Rifal Faturrohman
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:26
Last Modified: 20 Sep 2022 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57445

Actions (login required)

View Item View Item